Monday, 24 December 2012

Tips Memilih Perguruan Tinggi SNMPTN 2013

Mungkin bulan iniak yang lagi atau tahun ini atau bahkan minggu-minggu ini, banyak aiawa SMA kelas XII yang lagi galau..

Ciaaa... galau,, tapi tunggu dulu, Galau yang satu ini beda dengan galau biasa, galau bukan karena kekasih atau galau karena putus cinta.. disini galau yang dimaksut galau karena bingung nentuin Perguruan tinggi PTN atau PTS termasuk saya juga sih,,hehe.. mungkin temen- temen juga senasib seperjuangan dengan saya, secara aku juga lagi duduk di kelas XII (semester 5). Tapi sob, aku udah mantab milih jurusan di PTN, Ya walau nilaiku semester 5 cuma pas-pasan..

Oke, bagi temen-temen senasib seperjuangan, ane punya tips buat temen-temen yang masih galau..
  1. Karena SNMPTN 2013 hanya jalur undangan, perhatikan baik-baik nilai raport temen-temen.Terus menurut temen-temen nilai yang cukup bagus (konsisten naik) di nilai rapurt sejak semester 1 apa? saya beri contoh sob, misalnya nilai Fisika saya sem 1-5 berturut turut 80,85,83,87,89 terus nilai biologi saya 78,80,78,80,83 disini ambil jurusan yang ada korelasi dengan Fisika misalnya teknik.Ju urusan Teknik apapun nilai yang dipertimbangkan pertama kali adalah Fisika.Dengan nilai tersebut jangn sekali-kali milih Kedokteran Umum di PTN ternama karena nilai Biologi cuma pas-pasan.
  2. Setelah menentukan jurusan, Kemudian tentukan PTN yang anda inginkan.Kita diberi 2 pilihan  PTN.Tiap PTN diberi pilihan maksimal 2 prodi.Untuk catatan yang cukup PENTING :Jangan sekli-kali menempatkan PTN ternama di pilihan ke dua walaupun  tidak ada pernyataan tertulis dari pihak PTN, sama saja ente bunuh diri.PTN-PTN Favorit (misal UGM,UI,ITB,IPB) hanya ingin diletakkan di plihan pertama karena Mereka menginginkan Mahasiswa yang benar benar niat dan minat.Misalnya, Pilihan pertama adalah Kedokteran Umum UI, pilihan PTN ke-2 Teknik sipil UGM,, seperti ini anda nggak akan di terima deh di UGM semisal nggak lolos UI walaupun nilai anda memenuhi syarat untuk diterima di UGM.Kecuali anda memang orang yang benar-benar jenius.Silahkan coba kalau ingin nggak percaya..hehe..ane juga belum kuliahsih.. hehe..
  3. Carilah informasi mengenai Passing Grade (Biasanya dibuat oleh bimbel) PTN.Misalnya  Tekni Industri UGM PG nya 47,2 terus PG teknik Sipil UGM 45,7. Secara teori Pilihan pertama di Tek.Ind. Pilihan kedua di Tek.Sipil. Seperti ini saya sarankan juga jangan dilakukan karena mengingat PG nya hampir sama walaupun PG teknik sipil lebih rendah.Pada pilihan ke dua,UGM akan mengurangi total skor anda. Misalnya total skor anda 1000,pada pilihan pertama skor minimal untuk masuk adalah 1050,sedangkan untuk pilihan kedua adalah 980.secara teori, anda akan masuk pada pada pilihan ke dua.Sebenarnya tidak semudah itu prosesnya.Pada pilihan ke dua nilai akan dikalikan 0,9;0,8 atau 0,6 tergantung kebijakan PTN masing-masing.Jadi perhatikan baik-baik PG PTN pilihan anda.Walaupun secara resmi passing grade tidak ada, tetapi  setidaknya dapat untuk patukan temen-temen.
  4. Cari Jurusan yang prospektif kedepannya.Sebenarnya semua Prodi kalau ditekuni dengan sungguh-sungguh akan berhasil.Walaupun begitu,Kita juga harus mengetahui Prospek Jurusan kita.
  5. Konsultasikan pilihan PTN,Jurusan dan Prodi dengan Orang tua dan Guru BK
  6. Mintalah doa restu kepada orang tua terutama Ibu....
Sekian saran dari saya semoga dapat membantu dan semoga kita semua beruntung... aminn

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys